Hanya Hitungan Bulan, Janji Athari untuk Masyarakat Kota Solok Bak Gayung Bersambut

Arosukapost.com, Kota Solok – Anggota Komisi V DPR RI, Athari Gauthi Ardi, kembali membuktikan kerja nyatanya bagi masyarakat Sumatera Barat. Kali ini giliran masyarakat Kota Solok yang mendapat keberkahan perjuangan politisi muda Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Tak menapik, program pro rakyat dari pokok pikiran Srikandi parlemen itu telah banyak dirasakan oleh masyarakat di Sumatera Barat.

Program yang berhasil dibawa oleh Athari ke Kota Solok Tahun 2023 ini, yakni berupa Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk perbaikan 135 rumah warga kurang mampu, atau yang lebih dikenal dengan bedah rumah.

Tak hanya itu, Athari juga menggelontorkan sebanyak 20 titik program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) atau lebih dikenal sebagai perbaikan dan pembangunan irigasi untuk pertanian, juga termasuk program bantuan Sanitasi Masyarakat (Sanimas) sebanyak 70 unit berupa pembangunan WC berikut salurannya yang memenuhi standar kesehatan.

Banyak berpendapat, bahwa keberkahan yang diterima oleh masyarakat Kota Solok dari politisi berparas cantik itu tidak lain dianggap efek positif dari langkah poitik yang diambil oleh Mantan Ketua DPRD Kota Solok, Yutriscan. Dimana pada awal tahun 2022 dirinya memutuskan untuk bergabung dan memilih langkah politiknya bersama Partai Amanat Nasional (PAN).

Dan nyata pada tahun 2023 ini, pilihan yang diambilnya bersama partai PAN adalah pilihan yang tepat. Karena tidak hanya menjadi kendaraan politik saja, tapi dengan kehadirannya bersama Partai PAN di Kota Solok, nyata juga memberi manfaat bagi masyarakat sampai kelevel paling bawah.

Bergabunnya Yutriscan ke partai berlambang matahari tersebut, dianggap juga mampu membangun komunikasi yang konstributif untuk kepentingan partai dan masyarakat Kota Solok, sehingga program-program dari pemerintah pusat yang diperjuangkan melalui tangan dingin Athari, memberikan manfaat yang luar biasa bagi Kota Solok dan masyarakatnya.

Sebelumnya, putri sulung Bupati Solok, H. Epyardi Asda melaksanakan Reses di Simpang Lima, Kelurahan Laing, Kota Solok, Minggu (23/10/2022) lalu. Dimana saat kunjungan itu, Athari dibanjiri usulan dari masyarakat, pasca 5 (lima) bulan dilantiknya Yutriscan sebagai Ketua DPD PAN Kota Solok.

Bak Gayung bersambut, sesuai dengan usulan dari masyarakat, Wasekjen Partai Amanat Nasional itu, memenuhi janjinya itu dengan membawa berbagai paket pembangunan, seperti perbaikan irigasi, perbaikan sanitasi, hingga bedah rumah.

Meski sebelumnya, untuk Kota Solok, Athari juga telah membawa berbagai program pembangunan semenjak Tahun 2020 lalu. Di antaranya, Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) serta normalisasi Batang Lembang dengan anggaran lebih kurang Rp20 miliar, namun Athari belum puas dengan semua itu untuk membantu masyarakat Kota Solok.

“Untuk Tahun 2023 nanti, Kota Solok juga mendapatkan program bedah rumah (BSPS) sekira 100 unit rumah. Selain itu, juga ada program irigasi (P3TGAI) dan Sanitasi Masyarakat (Sanimas),” ujar Athari disaat kunjungan itu.

Baca juga :  Tahun 2023 Ini, Jalan Rimbo Data Kapujuan Segera Dikerjakan, Athari: Janji Saya kepada Masyarakat Tigo Lurah

Tentu ungkapan Athari pada saat itu, dapat ia buktikan, meski dalam hitungan bulan berkah nyata bagi masyarakat Kota Solok dan bukanlah sebuah janji-janji manis belaka.

Jika sebelumnya program Athari sudah berhasil menyelamatkan Kota Solok dari ancaman banjir pada musim hujan setiap tahunnya, dengan program Normalisasi batang Lembang, dan sampai sekarangpun masih berjalan, sepertihalnya perkerjaan pembangunannya yang sedang berjalan di belakang RSUD Kota Solok kelurahan tanah Garam.

Selain menyentuh langsung ke masyarakat, dan manfaatnya langsung dirasakan, adanya program-program Pokir Athari ini, juga memberikan multiplier effect kepada masyarakat lainnya. Yakni, terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kota Solok yang bermata pencaharian sebagai buruh bangunan, tukang, penyedia bahan bangunan, dan masyarakat lainnya. Setidaknya, di setiap program itu ada sekira ada 20 keluarga yang bisa ikut terlibat dan mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kota Solok, Yutris Can, saat meninjau dan melihat langsung sejauh mana pengerjaan penerima manfaat dari Program P3TGAI serta Program BSPS di sejumlah titik di Kota Solok pada Kamis (15/6/2023), mengaku sangat antusias dengan progress (kemajuan) yang ada.

Ketua DPRD Kota Solok tiga periode (2009-2014, 2014-2019, 2019-2021) tersebut mengungkapkan selama dirinya menjadi pimpinan DPRD, baru kali ini ada program sebesar ini yang menyentuh langsung masyarakat di Kota Solok. Sehingga, Yutris Can menyebut ini adalah berkah dari Allah bagi masyarakat Kota Solok.

“Dulu, saat saya di legislatif, bersama pihak eksekutif, senantiasa mencari jalan dan saluran agar program-program nasional itu bisa ke Kota Solok. Namun, hasilnya tak sesuai harapan kita. Tapi, kini program-program nasional itu justru mengalir dengan deras ke Kota Solok. Tentu, ini adalah berkah dan rahmat dari Allah melalui ‘tangan’ Buk Athari Gauthi Ardi. Allah lah yang telah ‘melunakkan hati’ Buk Athari, sehingga beliau mau ‘membagi’ programnya ke masyarakat Kota Solok. Kini, tentu semua terpulang kepada kita, masyarakat Kota Solok, bagaimana membalas ‘kebaikan’ beliau tersebut. Atas ini saya mewakili Pengurus DPD PAN Kota Solok, Simpatisan, relawan dan seluruh masyarakat Kota Solok, khususnya penerima manfaat mengucapkan terimakasih kepada ibu Athari, ” ungkapnya.

Yutris Can juga menegaskan, pihaknya senantiasa mewanti-wanti pihak-pihak yang terlibat di program ini untuk bekerja lurus dan penuh dedikasi. Baik dalam hal pengerjaan, administrasi dan jangan ada yang berniat “bermain” atau memasukkan kepentingan dan keuntungan pribadi dalam program-program tersebut.

“Jika program-program ini sukses, maka akan berkelanjutan di masa mendatang. Serta akan banyak lagi program-program nasional yang akan tiba di Kota Solok ini,” tegasnya.

“Sejak awal kami tegaskan bahwa ini adalah ujian bagi kita semua. Tidak hanya bagi DPD PAN Kota Solok dan Pemko Solok, tapi juga bagi masyarakat Kota Solok. Jika kita sukses melewati ujian ini, maka akan banyak program-program lainnya yang akan diterima oleh masyarakat kita,” tegasnya lagi.

Baca juga :  Usang dan Tak Layak Pakai, Pemko Solok Anggarkan Alat Uji KIR yang Baru

Senada dengan itu, Bendahara DPD PAN Kota Solok, Rusdi Saleh, bersama sejumlah Bakal Caleg DPRD Kota Solok 2024 yang ikut mengunjungi masyarakat penerima manfaat tersebut, seperti Mezi Okluza, Roza Rini, Silvina Anggraini dan Yeyen Noviyenti, mengaku kunjungan ke lapangan itu, ditujukan untuk memastikan bahwa bantuan ini betul-betul sesuai dengan aturan.

“Insyaallah melalui program ini masyarakat Kota Solok akan merasakan manfaatnya dan nantinya akan terus berkelanjutan. Maka kami dari seluruh kader Partai Amanat Nasional akan selalu bergandengan tangan untuk mewujudkan agar bisa langsung hadir di tengah-tengah masyarakat dan kami tidak ingin program yang diluncurkan oleh Anggota komisi V DPR RI dari Fraksi PAN ini disalahgunakan atau tidak sesuai dengan Standar Operasi Prosedur (SOP),” ujarnya.

“Dan Alhamdulillah. Setelah kami tinjau langsung ke tengah-tengah masyarakat yang telah menerima manfaat tidak kami temukan ketimpangan dan semuanya berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mendukung program anggota komisi V DPR RI, Athari Gauthi Ardi dan semoga program ini berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya,” ujar Rusdi Saleh lagi.

Disisi lain, Ismail salah satu warga penerima manfaat bantuan BSPS sangat berterimakasih, dan walaupun mengaku dirinya sempat tidak yakin apakah program ini benar-benar ada. Ismail mengaku, sebelumnya, dirinya bersama warga lainnya, sudah seringkali dijanjikan program bedah rumah tersebut. Namun, ternyata janji-janji itu adalah janji kosong semata. Bahkan, sudah begitu banyak dirinya memfotokopi KTP, KK, dan berbagai dokumen, namun hasilnya hanya sebatas angan.

“Apa lagi yang mesti saya katakan, selain ucapan terima kasih yang tak terhingga ke Buk Athari Gauthi Ardi. Kami sudah begitu sering dijanjikan oleh yang lain dan hasilnya kosong. Saat tim dari DPD PAN Kota Solok mendatangi saya, jujur saja, awalnya saya agak ragu. Tapi saat disebut program ini dibawa Buk Athari, baru saya percaya. Karena di daerah lain, saya juga banyak mendengarnya. Ternyata, terbukti bahwa dengan program itu, rumah kami yang sebelumnya tidak layak huni, akhirnya bisa layak huni dan sehat,” ujarnya polos.

Saat pekerjaannya dimulai, Ismail mengaku dirinya dan keluarga lainnya, melakukan gotong-royong dengan kerabat lainnya. Sehingga, dengan nilai bahan bangunan yang sama, bagian-bagian rumahnya yang direnovasi lebih banyak.

“Kami, bersama keluarga dan kaum kerabat lainnya, senantiasa berupaya dan berdoa agar Buk Athari bisa terpilih lagi di 2024-2029. Sehingga, semakin banyak lagi masyarakat yang terbantu dengan keberadaan beliau di DPR RI. Yang jelas, beliau telah memberikan bukti nyata ke masyarakat, bukan janji-janji,” tuturnya dengan wajah terharu.