Sumbar  

Botol Plastik dan Sampah Organik Sumbat Pipa Saluran Pembuangan Air Masjid Agung Dharmasraya

Kepala Dinas PU Dharmasraya Junaedi Yunus saat membersihkan saluran yang masih tersumbat di Mesjid Agung Dharmasraya.
Kepala Dinas PU Dharmasraya Junaedi Yunus saat membersihkan saluran yang masih tersumbat di Mesjid Agung Dharmasraya.

Arosukapost.com, Dharmasraya- Sejak Senin (8/5/23) hingga hari ini (11/5/23) Kepala Dinas PU Dharmasraya Ir. Junaedi Yunus bersama Bagian K3 membersihkan saluran yang masih tersumbat di Mesjid Agung Dharmasraya.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan melalui Kadis PU Ir. Junaedi Yunus mengatakan, ditemukan kotoran sampah plastik bekas minuman serta sampah lain yang masuk ke saluran pembuangan.

“Akibatnya, saluran pipa pembuang air tersumbat dan meluber ke dalam masjid serta mengganggu orang yang sedang melaksanakan ibadah,” terangnya.

Junaedi mengatakan, hal yang sama juga terjadi pada pipa di plaza air di belakang Mesjid Agung. Hanya saja, saluran pipa tersebut cukup besar dan ketika disemprot air kotoran-kotoran tersebut langsung didorong oleh air.

“Tak terbayangkan berapa banyak botol plastik dan sampah lainnya yang keluar dari saluran pembuangan. Mungkin hal ini tak sengaja dibuang oleh pekerja sebelumnya dan kemudian terjadilah peluapan air dan masuk ke dalam masjid,” ucapnya.

Baca juga :  Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Hadiri Anniversary Komunitas Pecinta Bonsai

“Setelah dikeluarkan dan dibersihkan semua yang jadi penghalang di saluran pembuangan itu, tentu sesekali kita tetap mengontrol memastikan air tidak tergenang lagi di lantai 2,” lanjut Junaedi Yunus. (SP)