Sumbar  

Tabek Panjang Bakal Jadi Tempat Wisata Lagi, Warga Koto Gadang Guguak Goro Bersama

Goro bersama masyarakat Nagari Koto Gadang Guguak di Jorong Tabek Panjang, Rabu (15/2/23).
Goro bersama masyarakat Nagari Koto Gadang Guguak di Jorong Tabek Panjang, Rabu (15/2/23).

Arosukapost.com, Solok- Ratusan masyarakat Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang bersama perangkat nagari melaksanakan gotong royong bersama di Jorong Tabek Panjang, Rabu (15/2/23).

Goro bersama masyarakat Nagari Koto Gadang Guguak di Jorong Tabek Panjang, Rabu (15/2/23).

Semangat peserta goro yang didominasi para ibu-ibu ini terdengar riuh gembira diselingi celoteh ala kaum hawa.

Pj. Wali Nagari Koto Gadang Guguak Yulianir, S.Pd. mengatakan, pihaknya sengaja melaksanakan goro ini untuk merawat keberadaan Tabek Panjang.

“Insha Allah kedepannya kita adakan event pariwisata di Tabek Panjang ini, sehingga kunjungan masyarakat bertambah dan ekonomi masyarakat sekitar tabek (kolam) bisa terangkat,” kata Yulianir.

Baca juga :  Hotel Santika Premiere Padang Kembali Hadirkan ‘Saturday BBQ Night' All You Can Eat

Yulianir bertekad, dirinya akan memaksimalkan tabek menjadi pusat wisata edukasi dengan pembangunan fasilitas secara bertahap.

Kemudian warga setempat Jondra Heldi menyebut, keberadaan tabek ini sudah saatnya dimanfaatkan untuk kegiatan kepariwisataan. Di sisi lain Jon mengatakan Tabek Panjang ini memiliki potensi ikan nila, ikan rayo, ikan paweh, pensi, lokan dan eceng gondok.

“Keberadaan ikan (di Tabek Panjang) ada yang sudah mencapai 15 kg, rata-rata ikan 1,5 kg itu didominasi oleh ikan nila,”  sambung Jon.

Baca juga :  Perayaan 1 Muharram 1446 H dan Pengukuhan Pengurus PGMNI Kab. Solok di Islamic Center Koto Baru, Kabupaten Solok

Di tempat yang sama, tokoh masyarakat Kabupaten Solok asal Guguak Tigo Nagari yaitu Edisar Dt. Manti Basa, S.H., M.H. mengapresiasi dan bangganya kepada jajaran pemerintah nagari dan masyarakat.

“Pemerintah nagari dan masyarakat bersatu padu membudayakan goro bersama. Mari bersama-sama dibawah pimpinan Pj. Wali Nagari Koto Gadang Guguak untuk mengaktifkan kembali Tabek Panjang jadi pusat pariwisata nagari,” harap Edisar.