Bupati Solok Hadiri Panen Raya Bawang Merah: Petani Harus Rasakan Enaknya jadi Petani

Bupati Solok H. Epyardi Asda menghadiri panen raya bawang merah yang di Jorong Linjuang Koto Tunggi, Nagari Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Kamis (24/2/22).
Bupati Solok H. Epyardi Asda menghadiri panen raya bawang merah yang di Jorong Linjuang Koto Tunggi, Nagari Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Kamis (24/2/22).

Arosukapost.com, Arosuka- Bupati Solok H. Epyardi Asda menghadiri panen raya bawang merah yang dilaksanakan di Jorong Linjuang Koto Tunggi, Nagari Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Kamis (24/2/22).

Bupati Solok dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Solok memiliki program unggulan yakninya pada bidang pertanian.

“Penyuluh pertanian akan lebih diaktifkan lagi karna penyuluh pertanian merupakan pembimbing para petani,” ucap bupati.

Dikatakan bupati, wali nagari bersama kelompok tani nantinya akan diberikan izin untuk studi banding ke daerah lain seperti pertanian di Brebes yang terkenal akan pertaniannya, serta akan dibiayai oleh Pemerintah Daerah.

Baca juga :  Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional, Ini Pesan Sekda Dharmasraya

“Ini dengan harapan bisa melihat secara langsung bagaimana cara bertani dan mengevaluasi kekurangan yang ada pada kita, semuanya akan dipenuni oleh pemda,” tambah bupati.

Di waktu yang sama, bupati menghimbau kepada seluruh wali nagari di Gunung Talang agar menyerahkan data kelompok tani kepada nagari, kemudian diserahkan ke Pemda paling lambat tanggal 20 maret 2022.

“Harapan saya, kelompok tani ini benar-benar dari kalangan petani, agar bantuan pertanian bisa tepat sasaran,” harapnya.

Lanjutnya, ia berharap para petani di Kabupaten Solok betul-betul bisa merasakan betapa enaknya jadi petani.

Baca juga :  Komisi I DPRD Kabupaten Solok Rapatkan Surat dari Masyarakat dan Lembaga

Diketahui saat ini bupati telah menginstruksikan Dinas Koperindag bersama dengan asisten pemerintahan untuk mengunjungi daerah-daerah yang bisa bekerja sama dengan Pemkab Solok di sektor pertania.

Wali Nagari Koto Gaek Guguak Mardi Handerson, mengucapkan terima kasih kepada bupati karna telah hadir dalam rangka panen raya bawang merah di Nagari Koto Gaek ini.

“Alhamdulillah, pada hari ini kita bisa mengadakan acara panen raya bawang merah birma yang berumur 75 hari di Nagari Koto Gaek ini,” ucap Mardi. (Shingky)