Sumbar  

Inilah Sosok Pengurus Masjid Tuo Kayu Jao, Salah Satu Masjid Tertua di Indonesia

Pengurus Masjid Tuo Kayu Jao Aguswal Rianto.
Pengurus Masjid Tuo Kayu Jao Aguswal Rianto.

Arosukapost.com, Solok- Aguswal Rianto namanya. Ia merupakan sosok pengurus salah satu masjid tertua di Indonesia yaitu Masjid Tuo Kayu Jao yang terletak di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

“Menjadi pengurus masjid tidaklah mudah, apalagi masjid ini sudah berumur 604 tahun. Tentunya masjid ini membutuhkan perawatan yang lebih ekstra,” kata Aguswal Rianto ketika dikunjungi Arosukapost, Minggu (8/1/23).

Aguswal menjelaskan, dirinya telah mengurus salah satu masjid ini selama lebih kurang 10 tahun. Banyak suka dan duka yang ia alami, namun niat ibadahlah yang membuatnya bertahan kelak sebagai ladang amal.

Baca juga :  Kabupaten Solok Kembali Raih Tiga Penghargaan Nasional, Ada Wali Nagari Talang Babungo

Masjid ini, sebut Aguswal, kegiatannya sama seperti masjid-masjid pada umumnya. Rutin melakukan shalat berjamaah, yasinan, kajian mingguan hingga sebagai TPA. Bedanya, masjid ini sangat dirawat karena merupakan salah satu cagar budaya Sumatera Barat.

Aguswal dalam kesempatan itu mengatakan harapannya kepada jemaah jika ada yang ingin mendukung perawatan untuk keberlangsungan masjid ini melalui donasi. Karena diketahui warisan budaya ini hampir setiap hari dikunjungi baik warga lokal maupun turis.

Baca juga :  Ibu-Ibu Guguak Tigo Nagari Optimis Edisar Raih Suara Terbanyak Pileg 2024 Kabupaten Solok

Sekadar informasi, Masid Tuo Kayu Jao ini bernama Masjid Nurul Islam Koto Kayu Jao, merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang terletak di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.